Cara Membuat Bakso Daging Sapi Enak + Kenyal

Cara Membuat Bakso - Bakso merupakan jajanan dan makanan khas yang paling banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Rasa dagingnya yang kenyal dan ditambah dengan kuah segar yang kental semakin menggoda lidah. Banyak terdapat beragam jenis bakso diantaranya adalah bakso daging sapi, bakso daging ikan, bakso daging ayam, bakso urat dan bakso goreng. Beberapa hari yang lalu sempat terdengar hal yang mengejutkan yaitu ulah produsen bakso nakal yang mencampur daging sapi dengan daging babi atau celeng.

Cara Membuat Bakso Daging Sapi

Cara Membuat Bakso
Cara Membuat Bakso Daging Sapi
Pemerintah menghimbau agar masyarakat lebih teliti dalam memilih bakso yaitu dengan tahu cara membedakan bakso daging sapi dan bakso daging babi. Nah sebagai alternatif lainnya pecinta bakso dapat membuat sendiri bakso daging yang pasti halal dikonsumsi. Berikut ini saya akan berbagi info Resep Cara Membuat Bakso Daging Sapi dengan Mudah.

Bahan Membuat Bakso :
  • 1 kg daging sapi giling
  • 1 ons tepung kanji
  • 6 siung bawang putih
  • 1 senduk makan garam
  • 1/2 sendok teh merica bubuk
  • penyedap rasa secukupnya
Langkah Langkah Membuat Bakso Nikmat
  1. Haluskan Bawang putih yang telah disipakan hingga benar-benar halus.
  2. Setelah bawang putih halus langsung campurkan kedalam adonan daging sapi giling, merica, garam, penyedap rasa dan tepung kanji.
  3. Lanjutkan dengan langkah berikutnya dengan mengaduk dan menguleni campuran adonan tersebut hingga benar-benar merata.
  4. Bentuk adonan tersebut menjadi bulat atau kotak sesuai selera dengan menggunakan tangan yang berlumuran minyak goreng dan jangan sampai bentuknya terlalu besar agar dapat matang merata nantinya.
  5. Masukkan adonan yang telah jadi kedalam air rebusan hingga mengapung dipermukaan air yang tandanya bakso tersebut sudah benar-benar matang.
Bahan Kuah Bakso :
Tulang Sapi dan Air
Bumbu Kuah Bakso :
  1. Bawang putih 5 siung, goreng dan haluskan
  2. Bawang merah 4 siung, goreng dan haluskan
  3. Bawang goreng 1/2 sdm, haluskan
  4. Gula 2 sdt
  5. Garam 1 sdm
  6. Lada 1/2 sdt
  7. Daun bawang 4 batang, ambil bagian putihnya, iris halus
  8. Kaldu sapi instan, 2 sdt