Gambaran Surga Tempat Paling Indah

Gambaran Surga Tempat Paling Indah - Surga adalah tempat hunian abadi orang-orang yang beriman dan beramal shalih yang di dalamnya terdapat berbagai macam kenikmatan yang luar biasa yang belum pernah dilihat di dunia. Gambaran surga belum pernah didengar oleh telinga dan belum pernah dibayangkan oleh hati manusia. Mereka akan tinggal di istana-istana yang indah dan mereka kekal abadi di dalamnya. Itu adalah balasan Alloh Subhanahuwata’ala atas amal-amal shaleh yang pernah mereka kerjakan di dunia.

Gambar Surga Tempat Indah


NAMA NAMA SURGA

1. SURGA FIRDAUS (فردوس)
"The Highest Gardens of the Paradise"
Surga Firdaus adalah Taman Surga Tertinggi yang diciptakan oleh Allah SWT dari emas merah.
Mengenai surga firdaus ini, dalam Al Qur'an, surat Al Kahfi, ayat 107, Allah SWT. telah menegaskan:

إِنَّ الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ كَانَتْ لَهُمْ جَنَّاتُ الْفِرْدَوْسِ نُزُ لاً.

"Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal shaleh bagi mereka adalah 'surga firdaus menjadi tempat tinggal".

Juga firmanNya dalam Al Qur'an, surat Al Mu'minuun, ayat 9-11:

وَالَّذِينَ هُمْ عَلَىٰ صَلَوَاتِهِمْ يُحَافِظُونَ.أُولَٰئِكَ هُمُ الْوَارِثُونَ.الَّذِينَ يَرِثُونَ الْفِرْدَوْسَ هُمْ فِيهَا خَالِدُونَ.

"Dan orang-orang yang memelihara shalat: Mereka itu adalah orang - orang yang akan mewarisi (yaitu) yang bakal mewarisi surga firdaus, mereka kekal di dalamnya".

Surga Firdaus diperuntukan bagi orang yang khusyuk sholatnya, menjauhkan diri dari perbuataan sia-sia, aktif menunaikan zakat, menjaga kemaluaannya, memelihara amanah, menepati janji, dan memelihara sholatnya. Dalam Al-Qur'an terdapat pada surah (Al Kahfi, ayat 107) dan surah (Al Mu'minuun, ayat 9-11).

2. SURGA ADN (JANNATUL 'ADN)
Surga 'Adn adalah Taman Surga untuk kebahagiaan yang kekal - "Gardens of Everlasting Bliss", yang diciptakan oleh Allah SWT dari intan putih

Surga 'Adn ini telah banyak sekali dijelaskan dalam Al Qur'an. yaitu sebagai berikut: Firman Allah SWT di dalam surat Thaaha, tepatnya ayat 76.

جَنَّاتُ عَدْنٍ تَجْرِي مِنْ تَحْتِهَا اْلاَ نْهَارُ خَالِدِينَ فِيهَا ۚ وَذَٰلِكَ جَزَاءُ مَنْ تَزَكَّىٰ.

"(Yakni) surga 'Adn yang dibawahnya mengalir sungai-sungai, didalamnya mereka kekal. dan itulah (merupakan) balasan bagi orang yang ( dalam keaddan ) bersih ( saat didunianya dari berbagai dosa )".

Firman-nya lagi didalam surat Shaad, ayat 50 :

جَنَّاتِ عَدْنٍ مُفَتَّحَةً اْلاَ لَهُمُ بْوَابُ.

" (Yaitu) surga 'Adn yang pintu - pintunya terbuka bagi mereka".

Surga and diperuntukkan bagi orang yang bertakwa kepada Allah SWT (An Nahl:30-31), benar-benar beriman dan beramal shaleh (Thaha:75-76), banyak berbuat baik (Fathir: 32-33), sabar, menginfaqkan hartanya dan membalas kejahatan dengan kebaikan (Ar-Ra’ad:22-23)

3. SURGA NA'IIM (JANNATUL NA'IIM)
Surga Na’im adalah Taman Surga yang paling menyenangkan - "The Gardens of Delight", yang diciptakan oleh Allah SWT dari perak putih.
Dalam Al Qur'an surat al Hajj, ayat 56. Allah SWT telah menegaskan :

الْمُلْكُ يَوْمَئِذٍ لِلَّهِ يَحْكُمُ بَيْنَهُمْ ۚ فَالَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ فِي جَنَّاتِ النَّعِيمِ.

" Maka orang - orang beriman dan mengerjakan amal shaleh ada di dalam surga yang penuh kenikmatan".

Firman-nya lagi dalam surat Al Luqman, ayat 8 :

إِنَّ الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ لَهُمْ جَنَّاتُ النَّعِيمِ.

"Sesungguhnya orang - orang yang beriman dan mengerjakan amal shaleh, bagi mereka bakal mendapat surga yang penuh kenikmatan".

Surga Na’iim diperuntukkan bagi orang-orang yang benar-benar bertakwa kepada Allah SWT dan beramal shaleh. dalam Al-Qur'an terdapat pada surah (Luqman, ayat 8) dan (Al Hajj, ayat 56).

4. SURGA MA'WA (JANNATUL MA'WA)
Surga Ma’wa adalah Rumah di Taman Surga - "Garden of Abode", yang diciptakan oleh Allah SWT dari zabarjud hijau.

Banyak sekali didalam Al Qur'an dijelaskan, antara lain Surat As Sajdah, ayat 19 Allah swt. menegaskan:

أَمَّا الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ فَلَهُمْ جَنَّاتُ الْمَأْوَىٰ نُزُلًا بِمَا كَانُوا يَعْمَلُونَ.

"Adapun orang - orang yang beriman dan mengerjakan amal shaleh. maka bagi mereka mendapat surga - surga tempat kediaman, merupakan pahala pada apa yang telah mereka:kerjakan".

Firman-nya lagi didalam surat An Naazi'aat, ayat 41:

فَإِنَّ الْجَنَّةَ هِيَ الْمَأْوَىٰ.

"Maka sesungguhnya surga ma'walah tempat tinggal(nya)".

Surga Ma’wa yang diperuntukan bagi orang-orang yang bertakwa kepada Allah SWT (An Najm: 15), beramal shaleh (As Sajdah: 19), serta takut kepada kebesaran Allah SWT dan menahan hawa nafsu (An Naziat : 40-41)

5. SURGA DARUSALAAM
Surga Darussalam adalah surga yang penuh kedamaian - "Garden of Peace", yang diciptakan oleh Allah SWT dari yakut merah.

Mengenai surga Darussalam ini, telah banyak dijelaskan didalam Al Qur'an, diantaranya ialah : Dalam surat Yunus, ayat 25 :

وَاللَّهُ يَدْعُو إِلَىٰ دَارِ السَّلَامِ وَيَهْدِي مَنْ يَشَاءُ إِلَىٰ صِرَاطٍ مُسْتَقِيمٍ.

"Dan Allah menyeru (manusia) ke Darussalam (yakni surga), dan memimpin orang yang dikhendaki-nya kepada jalan yang lurus".

Surga Darussalam diperuntukkan bagi orang yang kuat imannya dan Islamnya, memperhatikan ayat-ayat Allah serta beramal shaleh. Sebagaimana firman Allah subhanahu wata’ala,“Bagi mereka (disediakan) Darussalam (surga) pada sisi Rabbnya dan Dialah Pelindung mereka disebabkan amal-amal sholeh yang selalu mereka kerjakan.” (QS. 6:127)

6. SURGA DAARUL MUQOOMAH
Surga Darul Muqoomah adalah Rumah Surga yang Indah - "House of Paradise", yang diciptakan oleh Allah SWT dari permata putih.

Sesuai dengan firman Allah SWT di dalam Al Qur'an, surat Faathir, ayat 34-35:

وَقَالُوا الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي أَذْهَبَ عَنَّا الْحَزَنَ ۖ إِنَّ رَبَّنَا لَغَفُورٌ شَكُورٌ.الَّذِي أَحَلَّنَا دَارَ الْمُقَامَةِ مِنْ فَضْلِهِ لَا يَمَسُّنَا فِيهَا نَصَبٌ وَلَا يَمَسُّنَا فِيهَا لُغُوبٌ.

"Dan berkatalah mereka : Segala puji bagi allah yang telah mengapus (rasa) duka cita dari kami. Sesungguhnya Tuhan kami adalah Maha Pengmpun lagi Maha Mensyukuri: Yang memberi tempat kami di dalam tempat yang kekal (surga) dan karunia-nya".

Surga Daarul Muqoomah diperuntukkan bagi orang yang bersyukur kepada Allah SWT. Kata Darul Muaqaamah berarti suatu tempat tinggal dimana di dalamnya orang-orang tidak pernah merasa lelah dan tidak merasa lesu. Tempat ini diperuntukkan kepada orang-orang yang bersyukur sebagaimana yg disebutkan di dalam surat (Faathir ayat 35).

7. SURGA MAQOOMUL AMIIN (AL-MAQAN AL-AMIN)
Surga Al-Maqomul Amin adalah Rumah di Surga yang  damai dan tentram, diciptakan oleh Allah SWT dari emas merah.

Sesuai dangan firman Allah SWT didalam Al Qur'an, surat Ad Dukhan, ayat 51:

إِنَّ الْمُتَّقِينَ فِي مَقَامٍ أَمِينٍ.

"Sesungguhnya orang - orang yang bertawakal tinggal didalam tempat yang aman (surga)".

Surga Maqoomul Amiin yang diperuntukkan bagi orang-orang yang bertakwa. Sesungguhnya orang-orang yang bertakwa berada dalam tempat yang aman (Ad Dukhan, ayat 51)

8. SURGA KHULDI (JANNATUL KHULDI -  JANNAT AL-KHULD)
Surga Khuldi diciptakan oleh Allah SWT dari marjan merah dan kuning.

Di dalam Al Qur'an tepatnya surat Al Furqaan, ayat 15, Allah SWT telah berfirman:

قُلْ أَذَٰلِكَ خَيْرٌ أَمْ جَنَّةُ الْخُلْدِ الَّتِي وُعِدَ الْمُتَّقُونَ ۚ كَانَتْ لَهُمْ جَزَاءًوَمَصِيرًا.

"Katakanlah : "Apa (siksa) yang seperti itu yang baik, atau surga yang kekal, yang telah dijanjikan kepada orang-orang yang bertakwa, sebagai balasan dan kediaman kembali mereka".

Surga Khuldi diperuntukkan bagi orang yang taat menjalankan perintah Allah dan menjauhi larangannya (orang-orang yang bertakwa). Katakanlah: "Apa (azab) yang demikian itukah yang baik, atau surga yang kekal yang Telah dijanjikan kepada orang-orang yang bertaqwa?" dia menjadi balasan dan tempat kembali bagi mereka?" (Al Furqaan, ayat 15)

LUAS SURGA
Allah SWT telah menjelaskan tentang luas surga dalam firman-Nya:

“Dan bersegeralah kamu kepada ampunan Rabbmu dan kepada surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yang bertakwa.” (Ali Imran: 133)

SURGA BERTINGKAT-TINGKAT
Surga ada seratus tingkat, jarak antar tingkat sejauh langit dan bumi. Dari Abu Hurairah z, dari Rasulullah SAW yang bersabda:

إِنَّ فِي الْجَنَّةِ مِائَةَ دَرَجَةٍ أَعَدَّهَا اللهُ لِلْمُجَاهِدِينَ فِي سَبِيلِهِ بَيْنَ الدَّرَجَتَيْنِ كَمَا بَيْنَ السَّمَاءِ وَالأَرْضِ

“Sesungguhnya di surga ada seratus tingkat yang dipersiapkan bagi para mujahidin di jalan-Nya. Jarak antatingkat seperti jarak bumi dan langit.” (HR. al-Bukhari no. 2790).

Semoga gambaran surga diatas dapat meningkatkan iman dan ketakwaan kita kepada sang pencipta.