Pilihan Waktu Paling Tepat Untuk Membaca Doa Niat Berpuasa Ramadhan

Pilihan Waktu Paling Tepat Untuk Membaca Doa Niat Berpuasa Ramadhan  - Kali ini Nesya akan Sedikit Share Sedikit Informasi tentang Pilihan Waktu Paling Tepat Untuk Membaca Doa Niat Berpuasa Ramadhan.

Pilihan Waktu Paling Tepat Untuk Membaca Doa Niat Berpuasa Ramadhan


Waktu Membaca Doa Niat Berpuasa

Pernah Diriwayatkan dengan sanad yang shahih dari Ibnu Umar dan Hafshah -radhiallahu anhuma- bahwa keduanya berkata, Yang Artinya :
Barangsiapa yang tidak memalamkan niatnya sebelum terbitnya fajar maka tidak ada puasa baginya.” (HR. Abu Daud no. 2454, At-Tirmizi no. 730, An-Nasai (4/196), dan Ibnu Majah no. 1700)
Dalam Hadits tersebut disebutkan oleh sejumlah ulama mempunyai Hukum marfu’, apa yang dimaksud Hukum marfu' yakni dihukumi kalau Nabi yang mengucapkannya. Karena isinya merupakan sesuatu yang bukan berasal dari ijtihad dan pendapat pribadi. 

Maka dari hadits diatas jelas disebutkan bahwa waktu membaca Doa Niat Perpuasa adalah Sepanjang malam sampai terbitnya fajar. Hadits tersebut juga menunjukkan wajib membaca Doa Niat Puasa Ramadhan dari malam hari dan tidak syahnya puasa orang yang berniat atau membaca Niat Doa Berpuasa setelah terbitnya fajar. 

Ini adalah pendapat mayoritas Al-Malikiah, Asy-Syafi’iyah. dan Al-Hanabilah. Dan pendapat tersebut yang dikuatkan oleh Ibnu Qudamah, An-Nawawi, Ibnu Taimiah, Ash-Shan’ani dan Asy-Syaukani. Kecuali kalau seseorang baru mendengar kabar hilal ramadhan di pagi hari, maka ketika itu hendaknya dia berpuasa dan puasanya syah, karena tidak mungkin bagi dia untuk kembali ber niat di malam hari.
[ Al-Mughni : 3/7, Al-Majmu’ : 6/289-290, An-Nail : 4/196, dan Al-Muhalla no. 728 ]


Untuk Sobat yang sedang belajar memakai Jilbab boleh simak Cara Memakai Jilbab yang Benar. Sekian informasi tentang Pilihan Waktu Paling Tepat Untuk Membaca Doa Niat Berpuasa Ramadhan.