Cara Membuat Tempe Enak Resep Rahasia!

Cara Membuat Tempe - Tempe merupakan makanan bergizi yang paling sering dikonsumsi oleh tubuh selain nasi. Tempe dapat disajikan dengan berbagai banyak cara antara lain dapat disajikan sebagai campuran bahan baku makanan seperti oseng tempe ataupun tempe penyet. Tempe juga dapat disajikan sebagai makanan pembuka seperti tempe bacem, mendoan, goreng tepung dan goreng kering. Kunci utama cara membuat tempe enak sebenarnya sangat mudah jika kita mengetahui terlebih dahulu kedelai kualitas bagus dan cara membuat ragi tempe.

Cara Membuat Tempe

Cara Membuat Tempe

Bahan Membuat Tempe :
Kedelai
Ragi Tempe
Daun Pisang ( Plastik Putih )
8 Langkah Cara Membuat Tempe dengan Benar :
  1. Pilihlah Kedelai dengan kualitas yang baik. Kedelai yang berkualitas baik sangat banyak dijual di pasar-pasar tradisional.
  2. Rendam biji kedelai dengan kurun waktu 1 sampai 2 hari agar pengelupasan dapat dengan mudah Anda lakukan. Lakukan cara gesek-sesekan dengan tangan seperti sobat sedang mencuci beras. Hindari remasan yang cukup kencang karena dapat membuat bahan baku hancur. Kedelai yang sudah bersih akan terlihat putih dan airnya tidak terlihat sagat coklat.
  3. Cuci Biji kedelai yang sudah Sobat siapkan hingga bersih dari kulitnya. Cara mengelupas kulit kedelai dapat juga dengan cara merebus biji tersebut dengan air panas yang mendidih hingga matang.
  4. Setelah pencucian lakukan langkah berikutnya yaitu dengan cara tiriskan dan angin-anginkan diatas tampah. Tujuan dari mengangin-anginkan kedelai adalah agar kedelai kering terlebih dahulu sebelum ditaburi ragi.
  5. Taburi ragi tempe dan usahan agar merata kemudian taruh taburan tersebut di dalam daun pisang ataupun plastik putih yang sudah Anda lubangi sebelumnya. Banyaknya lubang tergantung dengan lebar tempat yang digunakan. 
  6. Letakkan calon tempe di rak terbuka seperti rak yang terbuat dari anyaman bambu agar aliran udara dapat dengan lancar menumbuhkan jamur tempe. 
  7. Proses Fermentasi pada tempe akan kelihatan dalam waktu 2 sampai 3 hari. Proses tumbuhnya jamur tempe tersebut akan berhasil apabila setiap pagi hari letakkan keranjang tempe agar jamur tempe tersiram oleh embun pagi hari. Langkah tersebut sama saja seperti membuat tempe busuk hanya tempe busuk membutuhkan waktu penyimpanan yang lebih lama.
  8. Setelah Beberapa hari lihat hasilnya dan selamat proses membuat tempe yang Anda buat sendiri berhasil dan dapat dikonsumsi.
Setelah mengetahui Resep cara membuat tempe, Apakah Sobat tertarik juga ingin tahu Cara Membuat Bakso Sapi ?