Cara Merawat Ikan Koi dengan Benar

Cara Merawat Ikan Koi - Ikan Koi sebenarnya hanya ikan mas,, klo kita telusuri sejarahnya, ikan koi berasal dari negara tetangga jauh yaitu negara Japan. Dinegara Japan tersebut ikan koi sangat diistimewakan dibandingkan dengan ikan-ikan lainnya. Hal tersebut dikarenakan Ikan koi dianggap sebagai ikan Dewa oleh para penduduk Negara Japan. Ikan koi termasuk jenis ikan yang berumur lumayan panjang sekitar 40-75th jika dirawat dengan benar,,nah Diblog inilah saya akan berbagi tips memelihara ikan koi, cara memelihara ikan koi, cara merawat ikan koi dengan benar atau apalah disebut.

Cara Merawat Ikan Koi

Cara Merawat Ikan Koi


  • Hal pertama yang akan kita bahas adalah tentang kolam ikan, Kolam ikan sangat berpengaruh pada perkembangan ikan, kesehatan ikan dan kecantikan ikan. Anda harus teliti dalam memilih Kolam untuk ikan yang satu ini, Tips pertama jangan pernah menaruh ikan koi didalam aquarium kaca, hal itu dikarenakan ikan koi membutuhkan tempat berenang yang luas dan agak dalam dan juga anda akan menutupi keindahan dari ikan tersebut karena keindahan dan keelokan ikan mas koi terdapat di daerah punggungnya yang menyala,,dianjurkan pada pecinta ikan mas koi khususnya untuk memelihara ikan tersebut didalam kolam semen buatan yang sudah diperhitunggkan luasnya, kedalamannya, dan tinggi air dari bibir kolam buatan tersebut. Untuk Lima ikan mas koi yang berukuran sedang memerlukan luas kolam berkisar sekitar 1,5mX2m dengan kedalaman 90cm sampai dengan 130cm, dan tinggi air dari bibir kolam minimal 30cm hal ini dimaksudkan agar menjaga kemungkinan terburuk ikan dapat melompat keluar.
  • Hal kedua yaitu tentang kebersihan air,, karena ikan mas koi merupakan ikan yang sangat sensitif akan kebersihan air, dianjurkan memberikan filter pada bagian kolam filter penyaring air maupun filter bebatuan yang dapat membantu membersihkan air kolam. Penggantian air dalam kolam harus dilakukan setiap 1minggu sekali walaupun sudah dipasang filter air.
  • Hal ketiga adalah pemberian pakan pada ikan mas koi,, Anda dianjurkan harus teliti dalam memilih pakan untuk ikan mas yang satu ini,, karena dari pakan ini lah nantinya keindahan ikan mas koi akan muncul,, yaitu tentu saja dari warnanya.. Pemberian pakan haruslah dilihat dari kandungan gizi, vitamin, protein, dan unsur-unsur mineral lain seperti kalsium, antioksidan, lemak, karbohidrat, dll. Pemberian pakan dilakukan 2kali sehari yaitu dipagi dan sore hari.
Sampai disini dulu tips cara memelihara ikan koi dan pasti saya akan lanjutkan penjelasan cara merawat ikan koi di blog ini juga,, Semoga bermanfaat tips kali ini khususnya untuk penggemar ikan mas koi. Mau tahu juga Cara Merawat Kelinci.